Kebun Raya Bogor Paru-Paru Dunia | Bangga Indonesia | Kompetisi Website Kompas Muda KFC | Kompetisi Website | blog | Bangga | Mudaers Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC | Kompas MuDa

Echo

Selasa, 02 Februari 2010

Kebun Raya Bogor Paru-Paru Dunia



Kabupaten Bogor memiliki pariwisata yang beragam yang salah satunya adalah Kebun Raya Bogor. Kebun Raya ini adalah salah satu paru-paru dunia yang masih aktif. Hal yang pertama yang berkesan saat memasuki Kebun Raya ini adalah kita akan disambut oleh dua patung Ganesha dewa kebijaksanaan Hindu. Saat kita memasuki paru-paru dunia ini kita akan disuguhkan oleh empat jalan rute. Empat jalan rute ini akan menunjukan jalan yang sangat indah dan mempesona. Selain ada ribuan species tanaman baik dalam maupun luar negeri, paru-paru dunia ini juga merupakan "pulau" tempat berlindungnya beraneka burung di tengah kota yang berkembang pesat. Ada lebih dari 50 jenis burung ada di sini, seperti kepodang, walik kembang, kutilang, kucica, kowak. Keindahan kebun yang terletak di Jl H Juanda ini tidak saja dikenal di Indonesia, tapi juga tersohor hingga seluruh dunia. Tak heran jika banyak wisatawan dari mancanegara terlihat berlalu lalang.

Keberadaan kebun ini berawal dari keinginan Sir Thomas Stamford Raffles, Gubernur Jawa pada 1811-1816, untuk membentuk Kebun Istana yang ditempatinya menjadi taman bergaya Inggris. Dua penata taman dari Kebun Raya Kew di London, Inggris sengaja didatangkannya. Penataan demi penataan pun dilakukan demi mewujudkan impian akan taman yang indah. Barulah pada 1817, lahan seluas 47 hektare yang berbatasan dengan istana Gubernur Belanda itu ditetapkan menjadi Kebun Raya . Reinwardt adalah direktur pertama (1817-1822). Pada 1830, penata taman dari Belanda Johannes Elias Teysmann menjadi kurator kebun raya dan menghabiskan waktu lebih dari 50 tahun untuk mengembangkan kebun ini.

Salah satu bunga yang terkenal di Kebun Raya Bogor adalah Bunga Raflesia (Amorphophallus titanum). Bunga ini selau merekah setiap tahun. Bunga ini menjadi terkenal dan mempunyai daya tarik tersendiri terutama bagi para pecinta dan pemerhati bunga, sedangkan keunikan dan kelangkaannya telah menarik perhatian serius para peneliti, pecinta dan pemerhati lingkungan dalam usaha mencari metoda yang efektip untuk melestarikan bunga tersebut.

Bunga ini adalah salah satu spesies kebanggaan yang dimiliki Indonesia. Bunga ini sangat unik dan menawan. Saya sebagia penulis pun merasa bangga bahwa Indonesia memiliki paru-paru dunia dan bungan unik ini.

Tags : Kompetisi Website Kompas Muda - KFC, KFC.

0 komentar:

Posting Komentar