Masa Penjajahan Belanda Terhadap Indonesia | Bangga Indonesia | Kompetisi Website Kompas Muda KFC | Kompetisi Website | blog | Bangga | Mudaers Kompetisi Website Kompas MuDA - KFC | Kompas MuDa

Echo

Jumat, 15 Januari 2010

Masa Penjajahan Belanda Terhadap Indonesia


Pada saat masa kerajaan di Indonesia, Indonesia kedatangan tamu dari bangsa-bangsa di Eropa. Pada awalnya, mereka hanya ingin melakukan penjelajahan dunia. Tetapi karena mereka mendarat di Indonesia dan kebetulan Indonesia kaya akan rempah-rempah, maka timbul rasa keinginan mereka untuk menjajah Iondonesia. Dan menguasai Indonesia agar bisa mendapatkan rempah-rempah secara gratis. Karena di Pasar Eropa pada saat itu dikuasai oleh Spanyol. Dan harga rempah-rempah mahal sekali. Pada saat Belanda pertama kali mendarat di Indonesia, rakyat Indonesia sangat menerima sekali kedatangan bangsa Belanda. Dan menghormatinya selayaknya tamu. Tetapi hal tersebut di manfaatkan Belanda untuk mempengaruhi rakyat Indonesia yang sangat ramah dan polos.

Secara perlahan-lahan Belandapun mulai mencampuri urusan pemerintahan di Indonesia dengan maksud untuk menghancurkannya dan mengganti dengan pemerintahan yang baru dengan Belanda sebagai penguasa serta yang menjalankan pemerintahan.

Tahap demi tahap Belanda seakan menjadi tuan rumah di Indonesia. Dan ia memperlakukan rakyat Indonesia dengan sangat tidak wajar. Belanda seenaknya melaksanakan monopoli, tanam paksa, kerja rodi, dsb yang keuntungannya hanya untuk Belanda dan mengorbankan rakyat kecil Indonesia sebagai pekerja dan dianggap sangat rendah, baik wanita maupun laki-laki. Laki-laki di jadikan sebagai pekerja yang tidak henti-hentinya bekerja sepanjang hari. Mereka dianggap seperti budak yang tidak berharga. Sedangkan para wanita Indonesia dijadikan sebagai pemuas nafsu bangsawan Belanda dan tidak sedikit dari mereka yang dijual ke luar negri.

Sungguh sangat mengiris hati perlakuan bangsa Belanda. Tetapi walaupun demikian, rakyat Indonesia tetap sabar dan tegar. Banyak dari rakyat Indonesia yang melakukan demonstari dimana-mana demi mendapatkan keadilan. Mereka menginginkan kebebasan yang hakiki. Sehingga pada saat iu munculah beberapa tokoh penegak keadilan dari setiap daerah. Seperti Teuku Umar, Teuku Cik Ditiro, dan Cut Nyak Dien yang berasal dari Aceh. Tuanku Imam Bonjol dari Sumatra Barat. Dewi Sartika dari Jawa Barat. R.A Kartini dan Pangeran Diponegoro dari Jawa Tengah. Pangeran Antasari dari Kalimantan. Sultan Hasanudin dari Maluku. Dan masih banyak lagi dari daerah lainnya. Mereka semua adalah wakil rakyat yang menginginkan keadilan bagi rakyatnya masing-masing.



Mereka melakukan perlawanan yang masih bersifat kedaerahan dan dengan senjata-senjata tradisional yang bisa mereka dapatkan dari lingkungan di sekitarnya tidak seperti Belanda yang sudah memakai senjata yang canggih dan harganya pun mahal. Tapi walaupun begitu rakyat Indonesia memiliki rasa semangat dan rasa cinta tanah air yang tinggi. Sehinnga muncul keberanian pada mereka untuk melawan para penjajah. Dan tidak sedikit dari mereka yang menang dalam melawan penjajah.

Selama 350 tahun Belanda menjajah Indonesia. Selain mendapatkan penderitaan, ada hal positif bagi rakyat Indonesia. Yaitu sebagai berikut :

· Bidang pembangunan

Proyek infra struktur binaan mereka seperti jaringan jalan kereta api, pembuatan jalan dari Anyer ke Panarukan, drainase termasuk pengendalian banjir, pembuatan gorong gorong dsb yang sampai hari ini masih dirasakan manfaatnya dan teruji ketahanannya.

· Bidang penelitian

Di bidang penelitian ruang angkasa pun sudah mereka perkenalkan dengan didirikannya planetarium Bosscha di Lembang. Ada pula penelitian hutan, dengan didirikannya Tahura Bogor.

· Bidang pertanian dan perkebunan

Mendirikan pabrik dan perkebunan modern di Sumatera, lengkap dengan pusat penelitian dan pembibitannya. Serta Pencanangan Irigasi untuk pertanian.

Penjajahan Belanda berakhir pada saat Jepang datang ke Indonesia dan meluncurkan gerakan yang kita kenal dengan sebutan 3A, yaitu Jepang cahaya Asia, Jepang Pemimpin Asia, dan Jepang Pelindung Asia.



Tags :Kompetisi Website Kompas Muda - KFC, KFC, Bangga Bangsaku

6 komentar:

ATIAA mengatakan...

BAGUSSSS BANGET SEJARAH NYAA

Ruki Akihabara mengatakan...

peliiiiiit..masa mw copy aja gk boleh..

putri mengatakan...

peliiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiit banget si msk cuma copy aja gk boe

verby mengatakan...

memang kasian orang jaman dulu slalu di sakiti dan disuruh kerja paksa makanya sebagai bangsa indonesia kita harus berusaha menjadikan negara kita sebagai negara yang maju dan pantang menyerah by verby email facebook:tyo.travisbarker@yahoo.com

Anonymous mengatakan...

KAMPRING GAK MAU BERBAGI ILMU KALO GA BISA DI COPY TAI

najib mengatakan...

ORANG BELANDA JAHAT....? MAMA... TOLONG AK...? AKU DITANGKAP OLEH ORANG BELANDA

Poskan Komentar